Search
Category
Profile
Friday, 01/08/2008 00:00 AM
Hendra Rusmana Liu Tujuh Posisi Dalam Satu Dekade

Sosoknya terlihat segar dan energetik. Kalimat yang keluar dari bibirnya teratur dengan artikulasi yang jelas. Itulah sekilas gambaran pria kelahiran 33 tahun lalu yang kini menjabat Senior Marketing Manager PT Philips Lighting Indonesia. “Bekerja di perusahaan multinasional merupakan impian saya saat kuliah. Dan saya bersyukur bisa bergabung di Philips,” ujar Hendra Rusman Liu yang menjadi bagian dari Philips Indonesia sejak tahun 1997.

Tentu Philips juga beruntung mendapatkan Hendra. Lulusan Fakultas Teknik Industri Universitas Indonesia ini sangat bersemangat dan mengerahkan segala kemampuannya untuk memajukan usaha Philips di Indonesia. Sejak bergabung, sudah tujuh jabatan yang dipegang anak bungsu dari empat bersaudara ini. “Saya siap ditempatkan di mana saja dan saya akan berikan yang terbaik,” ujarnya.

Posisi yang pernah ditempati Hendra antara lain Philips Ralin Electronics/ Project Sales Engineer, E-Business Champion, Business Development Manager–Luminaires, Business Development Lighting Indonesia, Project Channel Manager–Non Government, National Project Channel Manager, dan kini menjabat Senior Marketing Manager Philips Lighting Indonesia. “Loyalitas dan komitmen sangat penting bagi saya,” ujar lelaki  yang menyelesaikan Master of Information Science –Database Systems di University of New South Wales, Sydney. Saat ini Philips merupakan produsen terbesar yang menguasai pangsa pasar Indonesia lebih dari 45 %. Banyak produk inovasi Philips yang telah diperkenalkan ke pasar Indonesia dengan kelebihan seperti lebih hemat energi, lebih kompak, berumur lebih panjang dan lebih ramah lingkungan seperti T5, CDM, LED, Electronics Ballast dan masih banyak lagi yang akan ikut mempengaruhi tren desain perlampuan di Indonesia.

Bisnis perlampuan Philips Lighting di Indonesia dimulai di tahun 1941 dengan membangun pabrik lampu pertamanya di Surabaya dengan nama  N.V. Philips Fabricage & Handle Maatschappij. Pabrik tersebut saat ini sudah berkembang menjadi salah satu pabrik terbaik di dunia yang dimiliki oleh Philips Lighting dengan diperolehnya  PBE Gold  Medal Award  untuk tahun 2004 & 2005. Sebanyak 60% hasil produk pabrik ini untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan 40 % lainnya di ekspor ke manca negara seperti Asia Pasifik, USA, Kanada, Eropa dan Amerika Latin.

Dalam aktifitas komersialnya Philips Lighting Indonesia didukung oleh 51 distributor dan 14 dealer untuk area penjualan di Jawa maupun di luar Jawa melalui 5 jalur penjualan seperti Trade Retail, Proyek, OEM, PEUR and Modern Retail. “Kami akan terus mengedukasi pasar tentang pentingnya lampu hemat energi. Selain itu lampu tidak hanya berfungsi untuk penerangan tetapi juga bisa meningkatkan produktifitas kerja, meningkatkan penjualan, dan masih banyak lagi,” kata Hendra yang mengaku akan selalu belajar dari pengalaman untuk menjadi profesional yang lebih baik.

Hendra berharap bisa terus memiliki tim yang solid, sehingga bisa berprestasi, untuk kemajuan bisnis Philips di Indonesia. Jika ada masalah menghadang, ia akan mendahulukan untuk mengoreksi diri sendiri. “Lihat dulu ke dalam, setelah itu baru melihat ke luar. Musuh utama adalah diri kita sendiri,” ujarnya bijak.

Publisher : Majalah Properti Indonesia & IndonesianEstate.com